Jenis-jenis Dongeng

Assalaamualaikum Wr. Wb.

puji syukur kehadirat allah yg maha kuasa karena saya bisa membeli pulsa untuk memposting wkwkwkwbiggrin
seperi biasa, tidak usah sa-basi tkp

Jenis-Jenis Dongeng :

  1. Fabel, yaitu dongeng yang tokohnya adalah binatang yg berperilaku seperti manusia, misalnya dapat berbicara dan berjalan. Contohnya, dongeng Kancil dan Buaya serta Kancil Mencuri Timun.
  2. Legenda, yaitu dongeng yang menceritakan tentang kejadjian alam atau suatu tempat. Contohnya, legenda Rawa Pening dan Legenda Danau Toba.
  3. Mite/Mitos, yaitu dongeng yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat tentang dewa2 dan mahluk halus. Contohnya, mitos Nyi Roro Kidul.
  4. Sage, yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah atau kisah kepahlawanan. Contohnya kisah Jaka Tingkir, Ramayana.
  5. Parabel, yaitu dongeng yang mengandung nilai2 pendidikan. Parabel juga dapat berupa cerita pendek dan sederhana yang mengandung hikmah atau pedoman hidup. Contohnya, dongeng Si Maling Kundang.
semoga bermanfaatbiggrin
cukup sekian postingan kali ini yea!!smile

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

36 responses to "Jenis-jenis Dongeng"

Yasuda Mashai [04:18 AM, 18-Jul-13]

Fabel biasanya jadi dongeng sebelum tidur buat anak-anak..

Muhamad Izzul Fiqih [04:27 AM, 18-Jul-13]

yasuda@ iya Sob.... thankbiggrinbiggrin

Daus [09:54 AM, 18-Jul-13]

Gak ada internet gratis sob

Aulia Rahman [12:22 PM, 18-Jul-13]

saya pernah belajr kayak gini tapi dalam pelajara bahasa indonesia

Muhamad Izzul Fiqih [03:51 AM, 19-Jul-13]

daus@ kapan 2 mungkin ada..

aulia@ iya Sob... ini sumber nya buku b indonesia kelas 1 SMP..... hehehe biggrinbiggrin

Pak Gian [08:54 PM, 22-Aug-13]

Ini saya pernah belAjar nih.......

Thanks informasinya

Basori [07:53 PM, 28-Aug-13]

Nah ini yang lagi saya cari untuk tugas sekolah.....

thank you

Krisyayanty imuch [04:23 PM, 29-Aug-13]

Thanks ya. . . smile

Muhamad Izzul Fiqih [07:53 PM, 29-Aug-13]

all@ ya Trima kasih telah berkunjung.....

nicholas [08:06 PM, 17-Sep-13]

Bagus gan
Lu tolangin gw ulangan mid

rahmi [08:53 AM, 07-Oct-13]

thaks banyak yoo,aku sangat membutuhkan informasi ini

Muhamad Izzul Fiqih [01:48 PM, 07-Oct-13]

rahmi@ ya sama sama.... kebanyakan ini untuk anak pelajar

salsabila [03:10 PM, 07-Oct-13]

Contoh dari cerita sage dan parabel selain contoh nya itu ada lagi gak???

Nurgina Fitriah Q Rastafarrraaaa [09:53 AM, 11-Oct-13]

Iyaaa bener eung hari ini utsssss
berarti wktu uts sunda bener atuh legend ckckckkkckckkkckckck bener jga kata @auliarahman

Nurgina Fitriah Q Rastafarrraaaa [09:54 AM, 11-Oct-13]

Cari aja digoogle nengggg
@salsabila

Dini Donghae [09:50 PM, 17-Oct-13]

Assalamu'alaikum..
Di bahasa sunda kelas 1 SMA juga ada ya smile
wassalam.

Muhamad Izzul Fiqih [10:12 PM, 17-Oct-13]

selamat menikmati ajh ya....

CINTA [02:22 PM, 29-Oct-13]

saya juga pernah mempelajari di buku bahasa indonesia saya

Lala [05:19 PM, 06-Nov-13]

Gw jg udh belajar ky gini

Antika rahmadani adeknya anisa rahma [05:16 PM, 07-Nov-13]

Asalamualaikum sobat saya untuk meberi tahu supaya anda bisa blajar di goole wasalamualaikum

Cha-cha imutt [05:21 PM, 07-Nov-13]

Asalamualaiku hay sahabatku sekali aku mau memberitahu klau aku senang berjumpa kaliannn semua wasalamualaikum

Muhamad Izzul Fiqih [07:51 PM, 07-Nov-13]

all@ pasti lagi nyariin berita ini kan untuk sekolah

fira melissa [06:46 PM, 13-Nov-13]

thanks ..
Membantu sekali smile

okto [02:18 PM, 19-Nov-13]

thank atas informasinya

rinaaduailham [08:38 PM, 25-Nov-13]

waw mksh dech q jd ykin akn mcm2 dongeng

dwi adiar [11:55 AM, 28-Nov-13]

triMakasih informasinya sangat membantu
wassalam

Zahra AF Acchan [12:32 PM, 07-Dec-13]

Wah, makasih nih infonya! Buat UAS lumayan juga nih u.u

ilham [07:02 PM, 09-Dec-13]

Asalamualaikum,wah, ini untuk ulangan besok,
Thank you.

Wasalamualaikum!

Nenx'City Csii'cwex Liibra'thea [02:59 PM, 16-Jan-14]

thanks eah, , ,
udch bntu gwe. . .

Vebii Vianna,,. [09:05 PM, 26-Feb-14]

thx ea,,,
.dah bntu ne tgs!!!

Ngerayap [08:54 AM, 10-Mar-14]

Cara bedain parabel sama cerpen gimana sob?

Muhamad Izzul Fiqih [10:28 AM, 10-Mar-14]

@Ngerayap,
Bedanya ada di cara menyampaikan...
parabel itu cerita yang digunakan untuk memberikan contoh baik agama budaya dan menghormati, sedangkan cerpen itu cerita pendek yang berupa karangan baik dalam kehidupan maupun tidak yang bersifat sosialis.

Agus Salim [02:25 PM, 10-Mar-14]

Baru tau Saya kalo ada yang namanya Parabel,itu jenis dongeng baru Ya wink.

Agus Salim [02:26 PM, 10-Mar-14]

Dan Ane kira Malin kundang itu masuk legenda,kok di Farabel ?

laras [11:57 AM, 21-Mar-14]

terimakasih...
sangat bermanfaat buat besok saya ujian sekolaaah

miayumaningsih@yahoo.co.id [08:16 PM, 21-Mar-14]

oh , kalau cerita kabayan apa masuk ke farabel ?

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)