Jenis-jenis Dongeng

Assalaamualaikum Wr. Wb.

puji syukur kehadirat allah yg maha kuasa karena saya bisa membeli pulsa untuk memposting wkwkwkwbiggrin
seperi biasa, tidak usah sa-basi tkp

Jenis-Jenis Dongeng :

  1. Fabel, yaitu dongeng yang tokohnya adalah binatang yg berperilaku seperti manusia, misalnya dapat berbicara dan berjalan. Contohnya, dongeng Kancil dan Buaya serta Kancil Mencuri Timun.
  2. Legenda, yaitu dongeng yang menceritakan tentang kejadjian alam atau suatu tempat. Contohnya, legenda Rawa Pening dan Legenda Danau Toba.
  3. Mite/Mitos, yaitu dongeng yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat tentang dewa-dewa dan mahluk halus. Contohnya, mitos Nyi Roro Kidul.
  4. Sage, yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah atau kisah kepahlawanan. Contohnya kisah Jaka Tingkir, Ramayana, Si Buta Dari Gua Hantu.
  5. Parabel, yaitu dongeng yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Parabel juga dapat berupa cerita pendek dan sederhana yang mengandung hikmah atau pedoman hidup. Contohnya, dongeng Si Maling Kundang.
semoga bermanfaatbiggrin
cukup sekian postingan kali ini yea!!smile

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

58 tanggapan untuk "Jenis-jenis Dongeng"

Yasuda Mashai pada 04:18, 18-Jul-13

Fabel biasanya jadi dongeng sebelum tidur buat anak-anak..

Muhamad Izzul Fiqih pada 04:27, 18-Jul-13

yasuda@ iya Sob.... thankbiggrinbiggrin

Daus pada 09:54, 18-Jul-13

Gak ada internet gratis sob

Aulia Rahman pada 12:22, 18-Jul-13

saya pernah belajr kayak gini tapi dalam pelajara bahasa indonesia

Muhamad Izzul Fiqih pada 03:51, 19-Jul-13

daus@ kapan 2 mungkin ada..

aulia@ iya Sob... ini sumber nya buku b indonesia kelas 1 SMP..... hehehe biggrinbiggrin

Pak Gian pada 20:54, 22-Agu-13

Ini saya pernah belAjar nih.......

Thanks informasinya

Basori pada 19:53, 28-Agu-13

Nah ini yang lagi saya cari untuk tugas sekolah.....

thank you

Krisyayanty imuch pada 16:23, 29-Agu-13

Thanks ya. . . smile

Muhamad Izzul Fiqih pada 19:53, 29-Agu-13

all@ ya Trima kasih telah berkunjung.....

nicholas pada 20:06, 17-Sep-13

Bagus gan
Lu tolangin gw ulangan mid

rahmi pada 08:53, 07-Okt-13

thaks banyak yoo,aku sangat membutuhkan informasi ini

Muhamad Izzul Fiqih pada 13:48, 07-Okt-13

rahmi@ ya sama sama.... kebanyakan ini untuk anak pelajar

salsabila pada 15:10, 07-Okt-13

Contoh dari cerita sage dan parabel selain contoh nya itu ada lagi gak???

Nurgina Fitriah Q Rastafarrraaaa pada 09:53, 11-Okt-13

Iyaaa bener eung hari ini utsssss
berarti wktu uts sunda bener atuh legend ckckckkkckckkkckckck bener jga kata @auliarahman

Nurgina Fitriah Q Rastafarrraaaa pada 09:54, 11-Okt-13

Cari aja digoogle nengggg
@salsabila

Dini Donghae pada 21:50, 17-Okt-13

Assalamu'alaikum..
Di bahasa sunda kelas 1 SMA juga ada ya smile
wassalam.

Muhamad Izzul Fiqih pada 22:12, 17-Okt-13

selamat menikmati ajh ya....

CINTA pada 14:22, 29-Okt-13

saya juga pernah mempelajari di buku bahasa indonesia saya

Lala pada 17:19, 06-Nov-13

Gw jg udh belajar ky gini

Antika rahmadani adeknya anisa rahma pada 17:16, 07-Nov-13

Asalamualaikum sobat saya untuk meberi tahu supaya anda bisa blajar di goole wasalamualaikum

Cha-cha imutt pada 17:21, 07-Nov-13

Asalamualaiku hay sahabatku sekali aku mau memberitahu klau aku senang berjumpa kaliannn semua wasalamualaikum

Muhamad Izzul Fiqih pada 19:51, 07-Nov-13

all@ pasti lagi nyariin berita ini kan untuk sekolah

fira melissa pada 18:46, 13-Nov-13

thanks ..
Membantu sekali smile

okto pada 14:18, 19-Nov-13

thank atas informasinya

rinaaduailham pada 20:38, 25-Nov-13

waw mksh dech q jd ykin akn mcm2 dongeng

dwi adiar pada 11:55, 28-Nov-13

triMakasih informasinya sangat membantu
wassalam

Zahra AF Acchan pada 12:32, 07-Des-13

Wah, makasih nih infonya! Buat UAS lumayan juga nih u.u

ilham pada 19:02, 09-Des-13

Asalamualaikum,wah, ini untuk ulangan besok,
Thank you.

Wasalamualaikum!

Nenx'City Csii'cwex Liibra'thea pada 14:59, 16-Jan-14

thanks eah, , ,
udch bntu gwe. . .

Vebii Vianna,,. pada 21:05, 26-Peb-14

thx ea,,,
.dah bntu ne tgs!!!

Ngerayap pada 08:54, 10-Mar-14

Cara bedain parabel sama cerpen gimana sob?

Muhamad Izzul Fiqih pada 10:28, 10-Mar-14

@Ngerayap,
Bedanya ada di cara menyampaikan...
parabel itu cerita yang digunakan untuk memberikan contoh baik agama budaya dan menghormati, sedangkan cerpen itu cerita pendek yang berupa karangan baik dalam kehidupan maupun tidak yang bersifat sosialis.

Agus Salim pada 14:25, 10-Mar-14

Baru tau Saya kalo ada yang namanya Parabel,itu jenis dongeng baru Ya wink.

Agus Salim pada 14:26, 10-Mar-14

Dan Ane kira Malin kundang itu masuk legenda,kok di Farabel ?

laras pada 11:57, 21-Mar-14

terimakasih...
sangat bermanfaat buat besok saya ujian sekolaaah

miayumaningsih@yahoo.co.id pada 20:16, 21-Mar-14

oh , kalau cerita kabayan apa masuk ke farabel ?

Dicky pada 08:19, 22-Mei-14

Assalammualaikum.wr.wb
terima kasih ini saya catat kerena ujian kenaikan kelas ada
Sekali lagi terima kasih Wassalammualaikum.wr.wb

Benni Riski pada 18:53, 10-Agu-14

ini sangat bermanfaat

putri pada 12:38, 23-Agu-14

makasih

Vhiie :-) pada 08:44, 28-Agu-14

terima kasih sangat brmanfa'at bwat saya ujian besok.

bagus sanjaya pada 22:38, 31-Agu-14

Thanks bro pas bgt buat PR saya

Muhammad Izzul Fiqih pada 00:09, 01-Sep-14

@bagus sanjaya,
ya sob, terimakasih juga telah berkunjung

fariska pada 18:49, 07-Sep-14

terims kasih ka.. atas infonya!!!

putri pada 16:44, 09-Sep-14

bagaimana cara belajar dengan sukses

Muhammad Izzul Fiqih pada 21:28, 09-Sep-14

@putri,
silahkan minum fresh tea kalem ajh

Nabila pada 18:35, 10-Sep-14

Trimz ya atas jawabannyasmile

kak dongeng parabel itu kaya mana ya :-/ pada 15:47, 11-Sep-14

kak dongeng parabel itu kaya mana ya :-/

Nabila Maulidia Sheikha pada 15:53, 11-Sep-14

kak ceritain donk tentang nyi roro kidul

angel pada 19:29, 12-Sep-14

cerita dongeng itu menyenangkan dan membuat kita terkesan.

Nu'man pada 15:20, 22-Sep-14

thx ya info nya.. smile

sakdiyah pada 19:25, 22-Sep-14

assalamualaikum makasih yha atas pelajarannya

vony pada 19:28, 23-Sep-14

mksih bnyak ya...

fiki pada 19:13, 06-Okt-14

Akhirnya saya dapet juga cerita-ceritanya

baru smp kls 1 sihh

tapi gpp smile



Thank ya broo !

Muhammad Izzul Fiqih pada 19:31, 07-Okt-14

@fiki, ya sama sama bro. Berbagi itu indah bro

muhamad rifqi azwar pada 14:11, 29-Okt-14

terima kasih banyak . karena membantu pr saya

Aditia pada 19:21, 02-Nov-14

trima kasih semua....

Hasan Kece pada 07:21, 12-Nov-14

Assalamuaalaikum,,, gan ada contoh cerita parabel yg laen gk??,, wassalamualaikum

Muhammad Izzul Fiqih pada 22:21, 13-Nov-14

@Hasan Kece,
'lai kali aja ya sob'

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)